Kamis, Agustus 20, 2009

Farah Quinn: Merobohkan Stigma bahwa Memasak bukan Aktivitas Wanita Modern


Strategi TransTV untuk menampilkan Farah Quinn sebagai chef pada acara cooking guide berjudul Ala Chef pada Sabtu dan Minggu pagi tampaknya memang brilian. Farah menjadi icon penting yang membuat acara berslogan delicious and sexy food ini melesat diantara acara kuliner serupa di channel TV lain. Tidak hanya terlihat atraktif [dengan wajah rupawan dan kulit sawo matangnya yang eksotis], Farah juga amat gesit dan unik dengan gayanya yang orisinil. Logat bahasanya yang kebule-bulean mudah akrab di telinga pemirsanya dengan kata-katanya yang khas, “Woalaa, this is it! Pempek bundar ala Chef Farah Quinn!”. Siapa yang tidak ingat dengan gaya khasnya saat mengangkat hasil karyanya setelah acara masak memasak kelar?

Tapi yang lebih penting, Farah Quinn yang ternyata asli Palembang ini telah menjadi icon baru di dunia kuliner Indonesia, yang selama ini didominasi oleh genre laki-laki, dan kalaupun beberapa diantaranya wanita, amat jarang yang tipikal Farah: dengan gayanya yang gaul, fashionable, dan terbilang masih amat muda [doi kelahiran 1980]. Farah yang bersuamikan orang asing ini memilih untuk menekuni kuliner sebagai latar belakang pendidikan, lalu menerjuni dunia masak memasak sebagai profesinya [Farah adalah chef dengan spesialisasi pastry, pernah kuliah di Pittsburgh Culinary Institute dan menjadi ahli pastry di Arizona Biltmore Resort]. Padahal, kalau mau jujur, banyak sekali para wanita yang mengkategorikan dirinya ‘modern’ -apalagi dari kalangan wanita karir dengan keadaan finansial yang baik- yang mau bercucuran air mata karena mengupas bawang merah, membersihkan ikan mentah yang bau amis dan kulitnya tersiram minyak saat menggoreng kerupuk di dapur.

Aku adalah satu diantara banyak wanita yang tidak menaruh minat terlalu banyak pada peran domestik wanita dalam rumahtangga: amat jarang memasak sendiri, dan urusan mencuci baju serta menyetrikanya juga didelegasikan dengan hormat pada pembantu. Bahkan saat weekend dimana tidak ngantor sekalipun, aku lebih senang menghabiskan waktu dengan membaca banyak buku selama berjam-jam, kalau pas sedang tidak jalan-jalan ke mol, shopping, atau sekedar nonton TV di kamar. Dan jika sedang ingin makan enak, solusinya cuma satu: berwisata kuliner keluar, gampang kan? Gitu aja kok repot. [Untungnya sejauh ini suami belum complain terlalu kenceng. atw pada saat complain pas kebetulan aku lagi pake headset :D].

Kengapa ga memasak sendiri? Selain memang ga suka dan tentu ga bisa [karena ga belajar], jujur aku masih punya paradigma yang less favorable tentang aktivitas domestik para istri. Aku sering menganggap aktivitas memasak, mencuci, dan menyetrika itu selain tidak menarik juga kurang penting, yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pembantu rumah tangga. I love being the thinker, not the doer, begitu justifikasi inside my mind. Karenanya aku lebih suka aktivitas-aktivitas yang menurutku butuh pemikiran, bukan butuh tenaga yang membuat kita berkeringat-keringat saat melakukannya. Okelah tentu kadang-kadang aku melakukannya, tapi secara serius dan total melakukannya memang belum pernah terpikirkan. Nungguin hidayah kali ya :D. But at least, aku sudah mengkliping buku resep masakan dari tabloid-tabloid lho, upaya yang lumayan kan? Hahaha.

Sampai kemudian Mrs. Farah Quinn dengan acara TVnya itu merombak stigma bahwa memasak bukanlah bagian penting dari aktivitas wanita modern saat ini. Melihatnya bersemangat meracik bahan-bahan yang bahkan aku tidak tahu namanya, kreativitasnya membuat aneka variasi masakan, dan kebiasaannya mencicipi hasil karyanya dengan orang-orang yang ditemuinya, tak pelak membuatku iri hati. Betapa beruntungnya suaminya, pikirku. She’s definitely a type of modern woman with great ability to grow his husband’s love by her delicious cuisine! Aku pernah dengar bahwa salah satu strategi melumpuhkan hati suami adalah melalui perutnya. Kubayangkan betapa asyiknya menjadi seorang wanita yang tak hanya pintar otaknya, pintar berdandan, pintar merayu [hehehe], tapi juga pintar memasak! Bukankah itu menyempurnakan modal seorang wanita?

Lagipula tidak benar juga aktivitas memasak tidak melibatkan pemikiran, justru hanya the thinker yang bisa berinovasi untuk memvariasikan masakan-masakannya hingga selalu ada kreasi baru dan pasti mak nyoss. Every chef is absolutely a thinker! Belum lagi pahala yang bercucuran dibalik tiap tetes keringat saat acara masak-memasak itu, kayaknya lumayan buat tabungan amal soleh istri.

Seperti kata Farah, “Cooking bukan hanya buat si mbok dan dapur juga bukan pekerjaan yang tidak seksi...”. She’s absolutely true for this! Yeah, mudah-mudahan, kalaupun tidak sekarang, akan tiba masanya dimana aku akan berkata, “Woalaa.. this is it! Pempek lenjer ala Chef Agustina Djihadi!” sambil menyorongkan nampan besar berisi pempek lenjer yang memang aku bikin sendiri, bukan hasil beli dari warung Pempek Pak Raden :D

39 komentar:

  1. Jika laki-laki itu perkasa maka wanita itu LUAR BIASA, banyak hal pada wanita yang bersifat luar biasa yang di anugerhi Allah SWT jika "ia" bisa melihat potensi dirinya, apalagi berdasarkan sudut pandang ISlam... salam kenal, ditunggu kunjungan balasannya.....

    BalasHapus
  2. agama si farah tu apa sich?

    BalasHapus
  3. kmungkinan besar muslim tuh..

    klo ga salah dia puasa & lebaran juga...

    muslim kan berarti? :)

    BalasHapus
  4. liat ala chef yang hari ini gak??? tadi pagi di TransTV farah Quinn beserta suaminya yang bule dan anaknya yg masih kecil mengunjungi panti Asuhan si Boncel didaerah Jakarta, bagi2in mainan ama anak yatim piatu disana, tp anehnya panti asuhan itu panti asuhan Kristen/katholik, soalnya aku liat ada susternya juga, kayak suster gereja gitu pakaiannya.
    jadi aku yg tadinya ngira si Farah Quinn tu islam, setelah ngliat Ala Chef yang episode dah lama masak dirumahnya, didalem rumahnya ada kalimat Allah SWT dalam Kaligrafi Arab trus ngliat episode hari ini tadi yg ngunjungi panti asuhan nasrani, jadi gak tau deh si Farah Quinn tu agamanya apa.

    BalasHapus
  5. @Anonim: sebagai muslim yang baik juga kita ngga ada salahnya kan berbagi kebahagiaan dengan agama lain? :) dan farah quinn meskipun agamanya islam, mengunjungi anak2 panti asuhan nasrani gapapa juga kan :)

    BalasHapus
  6. iyah..
    kayanya ngunjungi panti asuhan nonmuslim, sekolah non muslim, tempat2 non muslim utk kegiatan sosial kemasyarakatan bukan berarti menjadi non muslim deh.. ;)

    BalasHapus
  7. tapi alangkah baiknya kita berbagi kepada panti asuhan muslim atau para dhuafa yang muslim. bukan begitu???
    karena biasanya panti asuhan nasrani sudah dibantu oleh pihak gereja, kebanyakan.
    sampai2 karena kebanyakan duit itu gereja sampai ngasih uang dan penghidupan terjamin oleh orang2 yang hendak di kristenkan karena dia seorang fakir miskin. nah lebih baik kita beramal kepada org2 islam yg miskin dan fakir juga kan, drpd saudara kita sesama muslim dibuat kafir oleh orang atau pihak gereja.

    BalasHapus
  8. betul mbak, memang jika ada saudara muslim kita yg masih perlu bantuan sbaiknya kita prioritas ke mereka dulu, terutama utk membantu menyelamatkan akidah krn bagaimanapun kekafiran kan dekat dgn kekufuran..

    however, dlm kasus ini farah & tim transTV mngkin punya alasan trsndri dlm menentukan target donasinya, bisa jadi krn selama ini udh keseringan ke panti asuhan muslim maka sekali waktu disempatkan utk mengunjungi yg noni punya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak agustin,menurut mbak...Indonesia ini punya siapa ya?dulu ketika pejuang Indonesia berjuang bersama2 merebut kemerdekaan apakah perlu sensus agama ya?IRONIS SEKALI YAAA NEGARA KITA INI.....

      Hapus
  9. eh salah ketik, maksudnya KEFAKIRAN dekat dgn KEKUFURAN.. :)

    BalasHapus
  10. Tuhan menciptakan perbedaan...
    PERBEDAAN dibutuhkan untuk saling mengenal dan menghargai...
    PERBEDAAN dibutuhkan untuk membuat dunia tetap berjalan...
    bukan alasan untuk saling menghentikan...
    oleh karena itu jangan pandang manusia dari mana agama nya....

    BalasHapus
  11. mind ur own business5 Oktober 2010 pukul 08.48

    Utk anonim dan siapapun yg beranggapan bahwa bentuk amal yg diberikan oleh umat nasrani merupakan siasat utk meng kristenisasi kan itu tidak ada di ajaran baik di Alkitab maupun di gereja ataupun orang tua hingga lingkungan. Namun ada di 10 Perintah Allah dimana salah satunya adalah "Kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri" tanpa memandang siapa yg bantu atau dibantu.."Siapakah dirimu yg menghakimi Melebihi Aku?". Sedikit pengetahuan bagi anda sekalian pindah agama tidaklah mudah di agama Katholik dr Kristen sendiri perlu 2-4 tahun apalagi non-kristen mereka perlu sekolah dan disaat akhir pembelajaranpun tetap akan ditanya mengenai keyakinan bukan paksaan. Jadi maaf kami tidak ada ajaran memaksa, membunuh ataupun membedakan. Apalagi menikah sesama agama Katholik pun memerlukan waktu dan sekolah. Baiknya jika memberi komentar dipikir dahulu berikan fakta bukan skedar cerita dr mulut ke mulut dan jika ada teman anda yg pindah agama tanya ke teman anda dahulu tujuannya apa?jika memang krn ada unsur paksaan dan mengancam anda bisa lapor RT lalu bawa lapor ke Gereja dimana si "pemaksa" berada jika terbukti bisa dibawa ke yg berwenang. Banyaklah berteman kenali dunia luar selain duniamu dgn begitu pikiran anda terbuka tanpa harus menjadi seorang Nasrani untuk menghargai kaum Nasrani. Semoga Tuhan melembutkan hati saudara2 sekalian ketika hendak membicarakan umat non-Muslim. Kecuali anda sudah keliling dunia dan kenal dengan semua umat Nasrani mereka Kaya Raya, Pemaksa, Pembunuh, dan segala yg jahat serta anda kenal dengan seluruh umat Muslim di dunia bahwa mereka semua Miskin dan teraniyaya tertindas tidak pernah membunuh..barulah anda berkomentar soal Agama lain.. sehingga bisa lebih bijak tanpa menggunakan fitnah dan kekerasan. GBU and Peace be with U all..

    Just because we have a different religion it doesn't mean we are not equal..we bleed too..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika INDONESIA SUDAH TIDAK DIJAJAH BELANDA ATAUPUN JEPANG,kenapa justru bertambah bodoh ya?apakah untuk BERSATU DAN SALING MENGHARGAI masih perlu dijajah ya?apakah ini yang dinamakan INDONESIA MERDEKA DAN BERDAULAT????????kalo saling HUJAT spt ini HANYA TINGGAL MENUNGGU REMUKNYA INDONESIA SAJA............

      Hapus
    2. ketika INDONESIA SUDAH TIDAK DIJAJAH BELANDA ATAUPUN JEPANG,kenapa justru bertambah bodoh ya?apakah untuk BERSATU DAN SALING MENGHARGAI masih perlu dijajah ya?apakah ini yang dinamakan INDONESIA MERDEKA DAN BERDAULAT????????kalo saling HUJAT spt ini HANYA TINGGAL MENUNGGU REMUKNYA INDONESIA SAJA............

      Hapus
  12. buat : mind ur own bussiness, sah-sah aja jk ada hendak membela agama anda sedemikian rupa.tp kiranya jgnnlah menutup mata dengan realitas yg ada. kristenisasi dgn menggunakan materi itu tidak bs sangkal ada bahkan marak sekali. anda menasihati kami supaya banyak bergaul, tp sy sendiri heran dgn anda yg tidak tahu dgn sepak terjang saudara-saudara anda seiman sendiri di luar sana. Cobalah sekali-kali anda brkunjung ke pelosok Gunungkidul Yogya, atau di tepi bantaran sungai Code, maka anda akan melihat sendiri bahwa kenyataan itu ada.Kristenisasi di sana tidak hanya dilakukan dgn memakai kedok, bahkan ada yg tanpa tedeng aling2. Bahkan sy mengetahui sendiri di sekitar tempat tinggal sy/Yogya di era 80-an banyak keluarga-keluarga muslim miskin yg akhirnya berpindah keyakinan akibat dari kristenisasi dng materi tersebut.Waktu itu dakwah Islam belumlah semarak sekarang, shg tdk ada yg membantu membentengi iman mereka.Dan yg lebih hebatnya lg banyak penginjil yg tanpa sungkan2 mendatangi kluarga2 muslim utk mengkristenkan. tapi ironisnya ketika bantuan2 materi yg diberikan dri pihak gereja itu terhenti, maka serta-merta keluarga-keluarga muslim yg sdh dikristenkan itu kembali menjadi Islam kembali.Dengan ini bs kita lihat, sbenarnya apa motivasi mereka dalam perpindahan agama ini. Ya, motivasi mereka adalah karena alasan 'perut', bukan didasari oleh kesadaran. Dan alhamdulillah, pada masa sekarang di kampung saya dakwah Islam sdh demikian maraknya. Sehingga gerakan kembali ke Islam pun marak trjadi. Mushola di dekat rumah saya menjadi saksi pengislaman mereka kembali.

    BalasHapus
  13. wah, kok jd brnuansa SARA bgini yah kawan2? ;)

    let's show our best attitude toward differences, yuk ahhhh :)

    BalasHapus
  14. kalau muslimah pakai bikini kasi tonton body selain dari suami boleh enga?

    BalasHapus
  15. yah pindah agama kali . kan suaminya kristen

    BalasHapus
  16. Ya makanya, saling bantulah saudara-saudara mu itu, yang bukan seagama saja membantu. Mereka butuh bantuan bukan hanya perkataan.

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum Farah

    Kami kagum dengan penampilan anda dalam acara ala chef Farah Quinn - kalau boleh pakaian anda lebih ' disederhanakan ' - jangan ikut2an sexy kayak yang lain-masih boleh kok tanpa sexy - kami utamakan acara masakan anda dan ngiri dengan kebolehan anda- maju terus pantang mundur

    BalasHapus
  18. Cathy Agustina Miller4 Januari 2012 pukul 19.28

    Dik Farah sayang - maaf kakak agak 'malu' dan kurang setuju dengan panggilan Farah sexy - bagaimana anda dik ? Masih boleh kan diperbaiki ? Banyak adik2 kita yang lain sudah melakukan 'perubahan' - kakak angkat jempol dengan acara adik - just do your best dik ! May God bless you ! Amin

    BalasHapus
  19. Farahku !
    Wanita adalah wanita , ada identitas tersendiri.Meski maju dalam bidang apapun, jadilah anda wanita sejati - good luck tanpa sexy !

    BalasHapus
  20. Tugas kita kan memberi, bukan gitu ? dan jika kita memberi jangan suka nanya siapa yang diberi - itu ajaran agama kita - Tuhan Allah hanya akan melihat pemberian orang itu bukan siapa yang memberi dan siapa yang diberi - yang penting keranaNya kita memberi- kita serahkan segala-galanya kepadaNya - ' tangan yang di atas lebih baik dp tangan yang di bawah '.

    BalasHapus
  21. Kami sekeluarga penggemar acara Ala Chef Farah Quinn , tapi isteri saya sering tutup mata kalau lihat ' tukang masak' nya berpakaian sexy -= kasihan dia ( isteri saya ) - katanya malu sebagai wanita melihat pakaian 'kaumnya' kurang bahan - mbak Farah bolehkan diperbaiki ? Bukan susah pakain tutup aurat bahkan lebih cantik dan sekarang ini sudah zaman kemajuan - good luck sayang !

    BalasHapus
  22. @ MIND UR OWN BUSINESS, aku setuju sekali sama kamu! memang kebaikan tidak selaluh akan di hargai, tugas kita di dunia ini salah satu untuk menolong orang2 ya tidak mampu atau orang miskin, orang2 Kristen tidak bermaksud memaksa agama lain untuk maksud Kristen, karna itu tidak akan di terima oleh Tuhan harus atas kemauan dari hati kita orang itu sendiri, jadi kalau pun kita membatuh materi kepada orang lain ya itu semuanya tengantung dari orang itu kita tidak bisa di salah kan beside materi apa yg kita kasih paling cuma makanan, baju dan tempat tinggal, orang Kristen tidak memaksa ato membuat orang itu kaya raya supaya masuk Kristen, Orang2 yang tidak bisa menerima kebaikan itu karna hatinya GELAP and penuh KEBENCIAN!

    BalasHapus
  23. maaf,, pasca bencarna tsunami yg mmorak- porandakan aceh pada th 2004 silam,, di daerah meulaboh pun sudah terbukti adanya kegiatan kr******sasi. Bahkan ada tiga gadis meulaboh yg ketahuan pndh agma.
    brang bukti yg akurat ditemukan berupa kaset2/ CD puji- pujian kris**n, beberapa bku mngnai ajran trsbut, bhkan di setiap bngkus makanan yg dibgikan kpda korban bncana ada lmbang salib yg sangat mncolok,,
    belum lagi jumlah anak2 korban bncana yg dibawa keluar negeri,,
    buknkah seharusnya pd situasi sprti itu sudh saatnya kt sesama manusia saling mnunjukkan rsa kemanusiaan yg tlusa,,
    bukn hanya itu para misionaris-yg maaf ktanya sdang mncari domba2 yg hilang u/ dilkukan pngabaran injil- mngajarkan lagu2 anak2 biasa pada anak2 korbn bncna dgn diselipkan kta "haleluyaa" dsb,,

    maaf bukan fitnah atau bgaimana,, ummat kmi yg sudh mnjdi korban,, akan lebih baik jka Anda lebih mmbuka mta ats pkrjaan rkan2 seiman Anda,, bukan apa2,, buknkah seharusnya kta saling mmbntu seama mnusia dgn tlus tanpa ada modus yg jahat,, tdk dipungkiri kta smw mnghandaki kbebasan, mnghndaki kbhagiaan,, tp alangkah baiknya jika u/ mncapai kbhagiaan itu kta tdk prlu merampas hak org lain,,
    salam damai u/ negeriku,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah geger karena agama,PIKIR tuch KORUPSI MENGGEROGOTI KEMERDEKAAN ANAK CUCU CICIT KITA.jangan sampe konyol sendiri....KORUPSI ITU PR BESAR YG HARUS DISELESAIKAN,BUKANNYA RIBUT MASALAH AGAMA.NGGAK USAH KAGET DGN PERBEDAAN BUNG.....YANG MAHA KUASA MEMANG MENCIPTAKAN DUNIA INI BERBEDA2.BAYANGIN AJA KALO DUNIA INI ISINYA API SEMUA???ATAU AIR SEMUA???ATAU LAKI2 SEMUA???JADI SIKAPILAH PERBEDAAN DGN KEARIFAN.

      Hapus
    2. Gak usah geger karena agama,PIKIR tuch KORUPSI MENGGEROGOTI KEMERDEKAAN ANAK CUCU CICIT KITA.jangan sampe konyol sendiri....KORUPSI ITU PR BESAR YG HARUS DISELESAIKAN,BUKANNYA RIBUT MASALAH AGAMA.NGGAK USAH KAGET DGN PERBEDAAN BUNG.....YANG MAHA KUASA MEMANG MENCIPTAKAN DUNIA INI BERBEDA2.BAYANGIN AJA KALO DUNIA INI ISINYA API SEMUA???ATAU AIR SEMUA???ATAU LAKI2 SEMUA???JADI SIKAPILAH PERBEDAAN DGN KEARIFAN.

      Hapus
  24. Wah bagus banget artikelnya.. jadi penasarann nih.. apakah tahun 2012 mb agustina sudah bisa bilang "Woaala This is it.. " ???

    BalasHapus
  25. @TSAR_ANDILOLO 🙏

    BalasHapus
  26. nice review, love to visit this blog, wait another beautiful artikel :)
    MOTOR YAMAHA XEON RC,Sepeda Motor Keren,Cepat,dan Canggih

    BalasHapus
  27. oii orang ga ada kerjaan yang bahas2 agama diatas, ke laut loh semua, yang muslim yang kristen ke laut aja, pada ga bener semua, bahas2 gituan disini, ga ada kerjaan apa kalian? bangsa indonesia bisa jadi bodoh karena banyak orang tolol kayak kalian tiap hari bukannya majuin negara malah bahas agama ini agama itu, mati tetanga mu atau mati saudaramu karena tergilas zaman atau kelaparan baru tau loh pada, kalo bahas2 agama ga ada gunanya dan ga ada ujungnya, ingat itu baik2 tot, read between the finger, f*cking stupid men

    BalasHapus
  28. Bener mas Broooo!dari dulu Indonesia itu kan BHINEKA TUNGGAL IKA tooooo kenapa kita harus dikerdilkan dgn urusan keyakinan?????LHA MBOK YOOO MIKIR GIMANA INDONESIA BEBAS KORUPSI,RAKYAT SEJAHTERA,AYEM TENTREM LOH JINAWI.......kalo ribut karena agama sebenarnya kita itu sudah sukses diadu domba pihak2 yg ada kepentingan dgn Indonesia.AYOO JAGA INTEGRITAS INDONESIA!!!,SEMAKIN RIBUT SEMAKIN REMUK INDONESIA,TAUUUUUUUUUUUU

    BalasHapus
  29. Bener mas Broooo!dari dulu Indonesia itu kan BHINEKA TUNGGAL IKA tooooo kenapa kita harus dikerdilkan dgn urusan keyakinan?????LHA MBOK YOOO MIKIR GIMANA INDONESIA BEBAS KORUPSI,RAKYAT SEJAHTERA,AYEM TENTREM LOH JINAWI.......kalo ribut karena agama sebenarnya kita itu sudah sukses diadu domba pihak2 yg ada kepentingan dgn Indonesia.AYOO JAGA INTEGRITAS INDONESIA!!!,SEMAKIN RIBUT SEMAKIN REMUK INDONESIA,TAUUUUUUUUUUUU

    BalasHapus
  30. Utk anonim, bahkan nabi muhammad saja menyuapi perempuan tua buta yahudi yg selalu menghina nabi...

    BalasHapus

any ideas to share?